Efektivitas Teknologi Dalam Tujuan Pendidikan

▪️ Pendidikan yang efektif adalah suatu proses pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, pendidik (dosen, guru, instruktur, dan trainer) dituntut untuk dapat meningkatkan keefektifan pembelajaran agar pembelajaran tersebut dapat berguna.

▪️Efektifitas pendidikan di Indonesia sangat rendah. Setelah praktisi pendidikan melakukan penelitian dan survei ke lapangan, salah satu penyebabnya adalah tidak adanya tujuan pendidikan yang jelas sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Hal ini menyebabkan peserta didik dan pendidik tidak tahu “goal” apa yang akan dihasilkan sehingga tidak mempunyai gambaran yang jelas dalam proses pendidikan. Jelas, hal ini merupakan masalah terpenting jika kita menginginkan efektifitas pengajaran. Bagaimana mungkin tujuan akan tercapai jika kita tidak tahu apa tujuan kita.

▪️Selama ini, banyak pendapat beranggapan bahwa pendidikan formal dinilai hanya menjadi formalitas saja untuk membentuk sumber daya manusia Indonesia. Tidak peduli bagaimana hasil pembelajaran formal tersebut, yang terpenting adalah telah melaksanakan pendidikan dijenjang yang tinggi dan dapat diaggap hebat oleh masyarakat. Anggapan seperti itu jugalah yang menyebabkan efektifitas pengajaran di Indonesia sangat rendah. Setiap orang mempunyai kelebihan dibidangnya masing-masing dan diharapkan dapat mengambil pendidikaan sesuai bakat dan minatnya, bukan hanya untuk dianggap hebat oleh orang lain.
▪️Dalam pendidikan disekolah menegah misalnya, seseorang yang mempunyai kelebihan di bidang sosial kemudian dipaksa mangikuti program studi Ilmu Pengetahuan Alam, sehingga menghasilkan efektifitas pengajaran yang lebih rendah jika dibandingkan peserta didik yang mengikuti program studi yang sesuai dengan bakat dan minatnya. Hal-hal sepeti itulah yang banyak terjadi di Indonesia. Sayangnya, masalah gengsi tidak kalah pentingnya dalam menyebabkan rendahnya efektifitas pendidikan di Indonesia.
Adanya peran pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran dan pengembangan diri, adalah sebuah bagian yang penting dibicarakan oleh seorang guru. Karena sebagaimana yang sudah dibicarakan dalam banyak referensi, bahwa tujuan pembelajaran akan tercapai jika siswa dapat termotivasi untuk mengembangkan dirinya dan berperan aktif.
Keberadaan cabang ilmu teknologi pendidikan yang memiliki salah satu titik fokus kepada media pembelajaran dan kurikulum dalam hal ini pengembangan sangat penting untuk menunjang efektivitas proses pembelajaran serta mencapai tujuan pengajaran secara optimal. Pemanfaatan pengembangan program pembelajaran diharapkan dapat memberikan keuntungan kepada pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat lebih mudah dan efektif. Sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa/mahasiswa yang berpengaruh pada tingkat kemampuan belajar, dan pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih efektif.
▪️Untuk itu, kehadiran ICT yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi ketidak berkembangan kreativitas dalam pembelajaran peserta didik maupun guru dalam pembelajaran di sekolah. Kondisi ini amat memungkinkan untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah karena hampir semua sekolah dewasa ini memiliki komputer. Di samping itu, masyarakat dewasa ini juga sudah banyak memiliki komputer maupun notebook sehinga memungkinkan sekali untuk dikembangkan program pembelajaran yang berbasis ICT, CD/DVD, media interaktif. Bahkan hampir semua sekolah dewasa ini memiliki komputer. Kemudian, penyampaian materi ajar dengan media interaktif ini dapat lebih efektif, efesien dan menarik bagi peserta didik.
▪️Untuk ini diperlukan pendidik yang kreatif, professional, aktif dan mampu melakukan inovasi dalam pembelajaran. Maksudnya adalah guru diharapkan mampu memanfaatkan kelebihan yang dimiliki komputer untuk kepentingan pembelajaran. Pembangunan yang dilakukan di Indonesia saat ini sangat memerlukan orang-orang yang kreatif serta mempunyai kemampuan dalam ilmu dan teknologi. Untuk mencapai kemampuan yang tinggi dalam bidang tersebut salah satu syarat yang harus dimiliki ialah kecerdasan dan kreativitas yang tinggi. Kreativitas dapat membantu seseorang menjadi lebih progresif. Gagasan inovatif yang muncul dari kreativitas diharapkan dapat membantu memecahkan persoalan-persoalan dalam berbagai bidang pembangunan. Kiranya tidak terlalu berlebihan kalau dikatakan bahwa kemajuan sesuatu bangsa dan negara amat tergantung pada produk-produk kreatif warga negaranya. Tanpa kreativitas suatu bangsa akan selalu tertinggal, oleh karena itu kreativitas harus menjadi gerakan nasional.
▪️Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan melalui bantuan produk-produk teknologi model tersebut di atas, ini tidak sulit kalau sudah terbiasa, yang penting ada kemauan kuat untuk mengubah dan meningkatkan kualitas diri. Kurikulum berbasis kompetensi menuntut pelaksanaan pembelajaran model tersebut, karena orientasinya pada proses sehingga peserta didik memiliki kompetensi-kemampuan-keterampilan-panganalisis, tidak sekedar mengetahui dan memahami. Jangan lupa bahwa kondisi emosional individu akan mempengaruhi pemikiran dan prilakunya, oleh karena itu model pembelajaran tersebut akan terlaksana dengan optimal jika pendidik mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif, nyaman dan menyenangkan.
Pada pelaksanaan dikelas nyata, bisa dilaksanakan secara kooperatif, yaitu pembelajaran dengan cara mengelompokkan peserta didik secara heterogen (dalam hal kemampuan, prestasi, gender, minat, dan sikap) agar dalam kerja kelompok dinamis. Dalam kelompok mereka bisa saling berbagi (sharing) rasa, ide, pengetahuan, pengalaman, tanggung jawab dan saling membantu, sehingga mereka bisa belajar berkolaborasi-berkomunikasi-bersosialisasi. Dengan berkelompok mereka akan berlatih pengendalian diri melalui belajar toleran dengan menghargai pendapat orang lain, berempati dengan merasakan perasaan orang lain, mengikis secara bertahap perasaan malu dan rendah diri tanpa alasan, dan inilah pelatihan kecerdasan emosional sehingga EQ peserta didik bisa meningkat. Dasar pembelajaran koperatif adalah fitrah manusia sebagai makhluk sosial dengan prinsip belajar adalah hasil pemikiran dan hasil kerja banyak orang relatif lebih baik daripada hasil sendiri.

Sumber internet :

https://smkn1-pkp.sch.id/blog/opini-teknologi-pendidikan-dan-efektivitas-pembelajaran/

 

Komentar

  1. Assalamualaikum saya opi ingin mengajukan pertanyaan bagaimana bisa dikatakan efektivitas teknologi pendidikan, tolong jelas kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengapa bisa dikatakan efektivitas teknologi pendidikan,karena..keberadaan cabang ilmu teknologi pendidikan yang memiliki salah satu titik fokus kepada media pembelajaran dan kurikulum dalam hal ini pengembangan sangat penting untuk menunjang efektivitas proses pembelajaran serta mencapai tujuan pengajaran secara optimal. Pemanfaatan pengembangan program pembelajaran diharapkan dapat memberikan keuntungan kepada pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran dapat lebih mudah dan efektif.

      Hapus
  2. Apa penyebab Efektifitas pendidikan di indonesia rendah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimnya sarana fisik. Rendahnya kualitas guru. Guru belum sejahtera. Rendahnya prestasi

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum, saya
    Nama : Muhammad Husni Thamrin
    Nim : 210101212
    Ingin bertanya, apakah ada solusi agar efektivitas teknologi dalam tujuan pendidikan di Indonesia dapat ditingkatkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. logo-color-summarecon-bekasi
      lakeview
      bannersbbf1
      7 CARA BELAJAR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN
      BELAJAR PAGI PARA SISWA HINGGA MAHASISWA ADALAH SEBUAH KEWAJIBAN SEBAGAIMANA PREDIKATNYA SEBAGAI PELAJAR. PELAJAR YANG BAIK TENTUNYA HARUS BELAJAR YANG BAIK, BELAJAR YANG BAIK ADALAH BELAJAR YANG MENGHASILKAN PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN ATAU KETERAMPILANNYA.


      Belajar pagi para siswa hingga mahasiswa adalah sebuah kewajiban sebagaimana predikatnya sebagai pelajar. Pelajar yang baik tentunya harus belajar yang baik, belajar yang baik adalah belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan atau keterampilannya. Namun apakah belajar Anda sebagai pelajar sudah efektif dan efisien? Jika belum, mari simak 7 cara belajar yang efektif dan efisien berikut:

      1. Buat Suasana Belajar yang Nyaman

      Yang perlu Anda lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara: Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman atau dipinggir danau, atau diruangan ber-AC

      2. Merangkum Pokok Pembelajaran

      Yah, mencatat pokok-pokok pembelajaran. Kenapa? Karena jika Anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Ambilah intisari dari pelajar tersebut. Hal ini akan membuat kemudahan mengingat dan juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut

      3. Belajar Bersama

      Metode ini seringkali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. Selain itu hal-hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.

      4. Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu

      Metode ini digunakan bagi beberapa orang yang kesulitan dalam menghafal dengan cara menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya.

      5. Belajar dengan Praktik

      Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Yah, Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar menjadi lebih asyik.

      6. Belajar rutin tapi jangan lama

      Dengan rutin belajar Anda akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah Anda pelajari. yang perlu Anda lakukan adalah "belajar rutin" bukan "Terlalu lama belajar". Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama.

      7. Mengerti Bukan Menghafal

      Yah, hal yg paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya tidak salah cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau Anda masih dalam metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti materi.

      Hapus
  4. Apakah menurut anda penggunaan teknologi di dunia pendidikan itu sangat efektif? berikan alasannya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Karena penyampaian informasi melalui teknologi cangging terlihat lebih variatif dan modern.

      Hapus
  5. Assalamu'alaikum Wr. Wbr.
    Izin bertanya ya
    Jika efektivitas pendidikan di Indonesia ini sangat rendah, lalu bagaimana cara agar efektivitas pendidikan tidak lagi dikatakan rendah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kualitas pendidik di institusi pendidikan seharusnya menjadi fokus utama dari pemerintahan Indonesia dalam menunjang keberhasilan para peserta didik di berbagai daerah. Dalam upaya meningkatkan kualitas tersebut, pemerintah diharapkan secara rutin memberikan pelatihan dan pengembangan profesionalitas kepada para pendidik. Sebagai pelaksana di lapangan, kualitas seorang pendidik harus secara berkelanjutan ditingkatkan sehingga pengetahuan para pendidik dapat terus berkembang. Hal ini akan berdampak kepada nilai-nilai serta pengetahuan yang diajarkan kepada para peserta didik. Ibarat sebuah gelas berisi air dan setiap hari akan dituang tanpa ada yang diisi kembali, akan mengakibatkan kekosongan pada gelas tersebut. Oleh karena itu para pendidik harus secara berkala dibekali dengan pengembangan profesionalitas.

      Hapus
  6. Berikan contoh aplikasi IT di salah satu mata pelajaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Guru memanfaatkan komputer dan layar proyektor untuk menjelaskan materi pelajaran (melalui power point, misalnya);
      Guru membuat video tutorial untuk dipelajari oleh siswa secara mandiri, lengkap dengan soal uji kompetensinya;

      Hapus
  7. Menurut anda apakah teknologi diperlukan dalam pendidikan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, penggunaan teknologi terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak karena tampilan yang lebih menarik sehingga akan terhindar dari rasa jenuh selama mengikuti pelajaran. Seperti di Indonesia yang sebagian besar sekolah masih belum menggunakan teknologi dalam pendidikan.

      Hapus
  8. Bagaimana pembelajaran dapat di katakan efektif

    BalasHapus
    Balasan
    1. pembelajaran dapat dikatakan efektif, apabila dapat mempasilitasi pemerolehan pengetahuan dan keterampilan si belajar melalui penyajian informasi dan aktivitas yang dirancang untuk membantu memudahkan peserta didik dalam rangka mencapai tujuan khusus belajar yang diharapkan.

      Hapus
  9. Awaludin - dalam memanfaatkan teknologi dalam tujuan pendidikan apakah tantangan yang terbesar bagi para tenaga pengajar dalam menyampaikan materinya kepada para siswa

    BalasHapus
  10. Apa saja hambatan yang di hadapi dalam perkembangan teknologi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adanya hambatan budaya yang berkaitan dengan perbedaan persepsi dan sudut pandang.
      Adanya sikap prasangka buruk terhadap hal-hal baru.
      Adanya sikap mengagung-agungkan kebudayaan sendiri (etnosetrisme).

      Hapus
  11. Apa saja dampak terhadap pengunaan teknologi dalam pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terdapat beberapa dampak positif teknologi informasi dalam pendidikan, terdiri atas: Informasi yang dibutuhkan untuk menjadi lebih cepat dan lebih mudah dalam mengakses tujuan pendidikan. Inovasi dalam pembelajaran tumbuh di hadapan e-learning inovasi yang lebih memudahkan proses pendidikan.10 Feb 2022
      https://www.dosenpendidikan.co.id › ...

      Hapus
  12. Sejauh mana teknologi membantu guru dalam proses pengajaran di kelas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan adanya teknologi dapat memfasilitasi belajar melalui proses merancang, mengembangkan, memanfaatkan, mengelola, dan mengevaluasi sumber-sumber belajar; 2) memecahkan permasalahan belajar dengan memadukan berbagai bidang keilmuan secara terintegrasi; ...

      Hapus
  13. Teknologi itu penting untuk pendidikan mengapa hal itu terjadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat membuat peserta didik lebih nyaman dan tidak terkesan jenuh atau monoton. Karena penyampaian informasi melalui teknologi cangging terlihat lebih variatif dan modern.

      Hapus
  14. Seperti apa pendidikan yang efektif menurut anda?

    BalasHapus
  15. Pendidikan yang efektif adalah suatu proses pendidikan yang memungkinkan peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan, mungkin dgn cara menggunakan video² pembelajaran

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini